TUJUAN PENDIDIKAN
A.
Tujuan Pendidikan Dasar
Tujuan pendidikan dasar sebagaimana yang telah dirumuskan dalam standar nasional adalah: ”Meletakkan Dasar Kecerdasan, Pengetahuan, Kepribadian, Akhlak Mulia, serta Keterampilan untuk Hidup Mandiri dan Mengikuti Pendidikan Lebih Lanjut”.
Berdasarkan rumusan tujuan nasional tersebut, standar Kompetensi
Lulusan Satuan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dirumuskan sebagai berikut:
1. Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan
remaja.
2. Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
3. Menunjukkan sikap
percaya diri.
4. Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam
lingkungan yang lebih luas.
5. Menghargai keberagaman agama, budaya,
suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional.
6. Mencari dan menerapkan informasi dari
lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif.
7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis,
kritis, kreatif, dan inovatif.
8. Menunjukkan kemampuan belajar secara
mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
9. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan
memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
10. Mendeskripsi gejala alam dan sosial.
11. Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
12. Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
13. Menghargai karya seni dan budaya nasional.
14. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki
kemampuan untuk berkarya.
15. Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar,
aman, dan memanfaatkan waktu luang.
16. Berkomunikasi dan berinteraksi secara
efektif dan santun.
17. Memahami hak dan kewajiban diri dan
orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
18. Menghargai adanya perbedaan pendapat.
19. Menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis naskah pendek sederhana.
20. Menunjukkan keterampilan menyimak,
berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
sederhana.
21. Menguasai pengetahuan yang diperlukan
untuk mengikuti pendidikan menengah.
B.
Visi Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna
Visi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Husna
Pasirnangka: “Mencetak Generasi Cerdas, Terampil, dan Relijius”.
C.
Misi Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna
Berdasarkan visi di atas Madrasah
Ibtidaiyah (MI) Al-Husna Pasirnangka memiliki misi untuk:
1. Menyelenggarakan pendidikan terjangkau
bagi semua lapisan masyarakat sehingga
anak dalam usia belajar bisa berkembang dengan baik.
2. Menyelenggarakan pembelajaran untuk
menumbuhkembangkan kemampuan berpikir aktif, kreatif, dan inovatif dalam
memecahkan masalah.
3. Menyelenggarakan kegiatan Pengembangan
Diri sehingga siswa dapat berkembang sesuai bakat dan minatnya.
4. Menumbuhkembangkan lingkungan
yang relijius sehingga siswa akan terbiasa berperilaku Islami.
D.
Tujuan Madrasah
Berdasarkan
kondisi madrasah, pada empat tahun ke depan dirumuskan tujuan-tujuan berikut.
1. Madrasah dapat memenuhi Standar Isi
dan Standar Proses.
2.
Madrasah mengembangkan PAIKEM/CTL 100% untuk semua mata pelajaran.
3.
Madrasah mencapai nilai rata-rata UN 8,5.
4.
Madrasah dapat meningkatkan jumlah siswa 50 %.
5.
Madrasah memiliki sarana dan prasarana yang memadai.
6.
Madrasah memiliki tenaga pendidik dan kependidikan berstandar nasional.
7.
Madrasah memiliki Tim Lomba Olimpiade Matematika yang unggul.
8.
Madrasah mengembangkan berbagai wadah/program penghayatan dan pengamalan
agama.
9.
Madrasah memiliki Tim Seni dan Budaya
yang bisa dimanfaatkan untuk masayarakat.
10. Madrasah memiliki Tim Olahraga yang berkualitas.
E. Strategi Madrasah
Untuk mewujudkan tujuan-tujuan yang
direncanakan, Madrasah Ibtidaiyah Al-Husna Pasirnangka memiliki strategi:
1. Mengikuti pelatihan tentang Standar Isi dan Standar Proses.
2. Mengikuti pelatihan tentang PAIKEM/CTL.
3. Memberikan bimbingan belajar terhadap siswa sebagai upaya pencapaian nilai
UN rata-rata 8,5.
4. Sosialisai kepada masyarakat melalui media informasi dan menyediakan wadah
kegiatan bagi siswa sesuai bakat dan minatnya.
5. Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai baik melalui bantuan
pemerintah maupun swadaya madrasah sendiri.
6. Menggunakan tenaga pendidik dan kependidikan yang berstandar nasional
melalui proses seleksi.
7. Mempersiapkan siswa dalam Tim Olimpiade Matematika.
8. Menyediakan wadah kegiatan yang bisa menumbuhkembangkan penghayatan dan
pengamalan agama.
9. Menyediakan sarana dan prasarana untuk mengembangkan potensi siswa dalam
bidang Seni dan Budaya.
10. Membentuk Tim Olahraga yang berkualitas.
11. Mengadakan evaluasi dan supervisi untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu,
proses dan prestasi akademik melalui pengamatan, penilaian dan pembinaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar